Vivi Zubedi Diajak Kolaborasi Seniman 'Black Panther'

Vivi Zubedi Diajak Kolaborasi Seniman ‘Black Panther’

Karya Vivi Zubedi yan dipamerkan di New York dilirik dan diajak buat kolaborasi.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Perancang busana Vivi Zubedi bercerita bagaimana penerimaan positif penuh pihak saat ia mengikuti panggung peragaan internasional New York Busana Week. Sejak 2017, Vivi berturut-turut mengikuti ajang itu sampai 2019 kemarin. Vivi mengaku dikontak sejumlah media besar maupun desainer seniwati besar, termasuk seniman “Black Panther” untuk kolaborasi.

“Saya juga diminta seniman “Black Panther” dan  sebagian karya hamba ditaruh di Manhattan untuk orang lokal di sana, memakainya jadi banyak penerimaan positif, ” sekapur Vivi melalui webinar, beberapa zaman lalu.

Karya sintetis tangan Indonesia dianggap langka dan luar biasa. Karya etnik Nusantara dinilai berbeda dan tidak ditemukan di banyak negara lainnya.

“Desainer yang menangani Jennifer Lopez, Beyonce, itu amazing banget karena sudah ke India atau negara lainnya, mutakhir tahu di Indonesia bagus, ” ujar Vivi.

Vivi juga kian semangat mengeksplorasi berbagaai daerah. Ia masuk ke kaum wilayah, termasuk Kalimantan Selatan buat mengajak kolaborasi beberapa perajin, sepertu kain Sasirangan dan Pagatan.

Mulai dari tas rotan, kain serat kayu, dan karya etnik lainnya, menurut Vivi, penuh yang belum digali lebih jauh. Dia juga membuat program ‘Ikra’ untuk merangkul para perajin dari berbagai daerah. Ada kurang bertambah 367 UMKM yang diajak kerjasama melalui program yang sudah ada sejak 2018 itu.

“Jujur itu datang dari kepala, saya senang melihat perempuan dengan berjuang. Saya kurasi, bimbing datang brand establish layak dijual dan targetnya global, ” ujarnya.

Sejak menggeluti industri fashion pada 2010, Vivi melihat busana lokal semakin diapresiasi. Itulah sebabnya dia juga menggalakan #FROMVIVIZUBEDIUNTUKINDONESIA sebagai wujud apresiasi terhadap dukungan bagi busana lokal.