UNM Hadirkan BTS Khusus Untuk Mahasiswa Berprestasi

BTS khusus  diberikan kepada  mahasiswa yang punya prestasi non-akademik.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Kemahasiswaan Universitas Nusa Mandiri (UNM) membuka program beasiswa prestasi dengan perkara ‘BTS: Beasiswa Tiap Semester’. Program BTS (Beasiswa Setiap Semester) merupakan salah satu program beasiswa yang sudah berjalan beberapa tahun itu.  

Agenda ini khusus untuk mahasiswa aktif UNM yang punya prestasi non-akademik baik level kota/kabupaten, wilayah, provinsi, nasional maupun internasional. BTS bagi mahasiswa prestasi ini berbentuk potogan biaya semester buat periode gasal 2021/2022 jadi tanda apresiasi kampus di dalam mahasiswa/i yang punya prestasi. Persyaratan BTS ini mengindahkan beberapa hal yakni mahasiswa aktif UNM semester utama sampai dengan tujuh, aktif ikuti kegiatan perlombaan/kejuaraan secara bukti berupa sertifikat/medali/piala.

Arif Hidayat selaku wakil rektor dunia non-akademik mengatakan kampus UNM punya tim khusus dengan menangani tentang prestasi pertarungan mahasiswa UNM, yaitu tim kemahasiswaan di bawah naungan bidang non-akademik.  

“Prestasi mahasiswa itu sangat memberikan sokongan dalam kemahasiswaan, mengingat negeri juga sangat memperhatikan prestasi-prestasi mahasiswa di  setiap madrasah tinggi. Adanya Sistem Fakta Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan  (Simkatmawa) sebagai acuan bagi departemen dan perguruan tinggi dalam melaksanakan pelaporan kinerja dan atau prestasi dalam bidang kemahasiswaan, ” jelasnya dalam rilis, Jumat (18/6).

Ia menyebutkan mengecap bangga akan perjuangan para-para mahasiswa dalam meraih prestasi. Oleh karena itu, kampus memberi apresiasi atas hasil tersebut. Salah satunya yakni dengan pemberian beasiswa, BTS ini.

“Saat ini kampus UNM telah menerapkan konsep Langgas Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan arahan dibanding Kementerian Pendidikan Kebudayaan Penelitian, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) Republik Indonesia. Keikutsertaan mahasiswa dalam perlombaan/kejuaraan adalah wujud dari penerapan konsep MBKM itu sendiri., ” ujarnya.

Dia menambahkan, mahasiswa bebas dan merdeka untuk menunjukkan daya dirinya sesuai dengan bidangnya masing-masing baik tingkat kab/kota sampai dengan tingkat internasional.  

“UNM mencoba memfasilitasi dengan memberikan beasiswa prestasi non-akademik dan tentunya ini mempunyai kekhususan tersendiri, sehingga perkuliahannya menjadi fleksibel mengacu pada jadwal rutinitasnya baik itu latihan ataupun pertandingan, ” paparnya.

Selain itu, proses pembelajaran daring di  kampus UNM selama masa pendemi, positif para mahasiswa agar tentu bisa berprestasi dan mampu mengikuti perkuliahan sesuai dengan jam latihan. Untuk mahasiswa yang memenuhi kualifikasi, oleh karena itu dapat segara mendaftarkan muncul melalui https://linktr.ee/beasiswa_prestasi_UNM paling payah tanggal 20 Juli 2021.

Tatkala itu, Rektor UNM, Dr Dwiza Riana turut menyikapi pemberian BTS untuk mahasiswa prestasi yang merupakan sepadan bentuk penghargaan dari kampus UNM kepada mahasiswa yang telah menorehkan prestasi non-akademik.  

“Kami melihat perkembangan dengan bagus pada mahasiswa dengan berprestasi kemudian kampus berikan kesempatan untuk melanjutkan pelajaran dan tetap mengembangkan  prestasinya, tetap mengembangkan keunggulannya di  bidang non-akademik, serta menganjurkan semangat juga contoh dengan baik kepada teman-temannya untuk turut menorehkan prestasi, ”, ungkapnya.

Harapannya dengan pemberian beasiswa ini bisa terus membakar prestasi non-akademik mahasiswa.

“Selain mampu terus mengukir prestasi, itu juga tetap bisa meneruskan pendidikan di  tingkat madrasah tinggi, dan terus bekerja baik tingkat kab/kota datang internasional, serta mengharumkan nama kampus tercinta UNM, ” tutupnya.