Terjang Siaga Hadapi Potensi Banjir & Longsor

Terjang Siaga Hadapi Potensi Banjir & Longsor

Mitigasi dengan akan dilakukan di antaranya secara pemantauan daerah rawan banjir.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA —  Pemerintah Kota (Pemkot) Serang waspada menghadapi potensi bencana negeri seperti banjir dan tanah terbis pada musim hujan.

“Apabila terjadi bencana, jalan banjir, longsor maupun bencana-bencana dengan lainnya. kami Pemerintah Kota Serbu bersama pimpinan daerah dan pemimpin dewan sudah siap menanganinya, ” kata Wali Kota Serang Syafrudin usai melakukan rapat koordinasi perkiraan bencana bersama Forkopimda di Puspemkot Serang di Serang, Senin (26/10).

Ia mengatakan dalam cara menghadapi dan mengantisipasi terjadinya gangguan, mitigasi yang akan dilakukan di antaranya dengan pemantauan daerah merawankan banjir dan longsor.

“Pemetaannya sudah tergambar, dengan rawan bencana ada dua yaitu Kasemen dan Taktakan, lalu hati duka banjir itu di Serang, Cipocok. Dan kita sudah siap, ” katanya.

Ia mengungkapkan Pemkot Serang akan berkolaborasi dengan bagian terkait seperti TNI/Polri, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Satuan Tugas Pengerjaan Banjir dan Palang Merah Indoneaia (PMI) Kota Serang dalam menyelenggarakan upaya-upaya penanggulangan bencana.

“Perkokoh kerja sama semua pihak indah dari Pemerintah Kota Serang melalui BPBD, Pol PP, TNI/Polri lalu ada juga Tagana dan PMI dan lain sebagainya, ” katanya.

Kemudian, pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat Kota Serang dengan tinggal di kawasan perbukitan atau kawasan rawan longsor dan banjir, agar meningkatkan kewaspadaan selama mengikuti musim hujan pada tahun 2020 ini.

“Jadi kalau lalu kesiapan kita kurang, malah kita sendiri akan panik juga. Sebab karena itu pada hari itu kita sesuai dengan arahan negeri pusat harus siap mengantisipasinya, ” kata Syafrudin.

sumber: Kurun