Spesialis: AS Jangan Tunggu Lama Dapatkan Vaksin AstraZeneca

Spesialis: AS Jangan Tunggu Lama Dapatkan Vaksin AstraZeneca

Kalau tunggu hasil akhir uji AstraZeneca, vaksin baru tersedia pertengahan tarikh 2021

REPUBLIKA. CO. ID, WASHINGTON – Direktur Institut Jenner Adrian Hill, yang mengawasi studi dan pengembangan vaksin Oxford-AstraZeneca Covid-19, mengatakan vaksin tidak akan ada di Amerika Serikat sampai “pertengahan tahun depan”. Kondisi ini hendak terjadi jika regulator menunggu akhir uji coba vaksin mereka.

“Saya berharap (Administrasi Makanan dan Obat) akan melihat konglomerasi data pada vaksin ini, termasuk semua data yang tersedia di dalam Januari. Menunggu akhir uji coba akan dilakukan pada pertengahan tahun depan, ” kata Hill di dalam sambutan yang dirilis oleh NBC.

“Itu terlalu terlambat untuk mengambil nilai dari vaksin ini, yang efektif, tersedia pada skala besar dan mudah digunakan. ”

Larry Corey, seorang ilmuwan AS yang menyoroti uji coba vaksin Covid-19, minggu lalu mengatakan studi besar AS AstraZeneca dapat menentukan seberapa efektif vaksin tersebut, setelah hasil-hasil dengan membingungkan dari uji coba asing oleh perusahaan dan mitra Oxford.

Moncef Slaoui, besar penasihat program vaksin Operation Warp Speed AS, mengatakan pekan awut-awutan bahwa data uji coba GANDAR dan kemungkinan permintaan wewenang penerapan darurat AS oleh AstraZeneca mampu datang pada akhir Januari.

sumber: Reuters