Polisi Geledah Kantor BPBD Jember Soal Honor Pemakaman Covid

Tipikor Satreskrim Polres Jember mengaduk-aduk kantor BPBD terkait honor pemakaman Covid.

REPUBLIKA. CO. ID, JEMBER — Tim Unit Tindak Pidana Korupsi Satuan Reserse Kriminal Polres Jember melakukan penggeledahan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember. Penggeledahan terkait dengan dugaan penyimpangan anggaran honor pemakaman jenazah Covid-19.

“Penggeledahan tersebut untuk menindaklanjuti proses pengkajian dan penyidikan karena penyidik membutuhkan sejumlah data & dokumen yang diperlukan untuk hal tersebut, ” sekapur Kasat Reskrim Polres Jember AKP Komang Yogi Arya Wiguna di Kantor BPBD Jember.

Tim Tipikor Satreskrim Polres Jember tiba di Kantor BPBD Jember sekitar pukul 10. 30 WIB dengan melakukan penggeledahan awal di ruangan Plt Kepala BPBD Jember M. Djamil, kemudian berpindah ke ruangan Kabid Kedaruratan & Logistik BPBD Jember Penta Satria yang berada dalam sebelahnya. “Ada beberapa ruangan yang kami geledah untuk mencari dukungan data molek yang soft copy maupun hard copy terkait honor pemakaman jenazah Covid-19, ” ujarnya.

Proses penyelidikan dan pemeriksaan yang dilakukan aparat kepolisian di Kantor BPBD Jember tersebut berkaitan dengan honor pemakaman Covid-19 yang sempat viral dengan sejumlah pejabat menerima honor, termasuk Bupati Jember Hendy Siswanto dan kabarnya juga ada pemotongan honor yang diterima relawan pemakaman. “Kami lakukan pengkajian dan penyidikan. Nantinya mau dilakukan gelar perkara cocok regulasi yang ada & saat ini masih pokok pada persoalan honor pemakaman Covid-19, ” katanya.

Penyidik Polres Jember sudah memeriksa sebesar tujuh orang saksi terpaut dugaan penyimpangan anggaran honor pemakaman jenazah Covid-19. Beberapa pejabat BPBD Jember yang diperiksa yakni Bendahara Siti Fatimah, Plt Kepala BPBD M. Djamil, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Penta Satria, serta sejumlah relawan pemakaman Covid-19.

Bahkan Plt Besar BPBD Jember dan Kabid Kedaruratan kembali diperiksa di Selasa (31/8) Agustus 2021 hingga pukul 23. 00 WIB dan pemeriksaan terpaut honor pemakaman Covid-19 itu juga dibantu oleh awak Polda Jawa Timur supaya hasil pemeriksaan bisa maksimal.

sumber: Antara