Petunjuk Jar, Fitur Transer Kekayaan Ala Twitter

Hanya sekelompok karakter tertentu yang dapat menyambut tip.

REPUBLIKA. CO. ID, NEW YORK — Twitter sudah meluncurkan fitur tip jar. Dengan fitur ini, memungkinkan orang mengirim uang ke orang lain di jejaring sosial.

Dilansir di BBC , Ahad (9/5), pertama-tama, hanya sekelompok orang tertentu yang dapat menerima petunjuk. Kelompok yang bisa memperoleh tip menurut Twitter berisi dari kreator, jurnalis, pakar, dan organisasi nirlaba. Dalam sisi lain, fitur tersebut juga dikritik karena mengungkap informasi pribadi seperti petunjuk email.

Fungsi “tip jar” pada dasarnya menambahkan ikon kecil ke profil pengguna, dengan menu tarik-turun untuk penyedia pembayaran lain seperti PayPal, Venmo, atau Cash App. Venmo dan Cash App kondang di  Amerika Serikat. Fitur ini baru tersedia dalam perangkat seluler untuk masa ini.

Namun, karena pembayaran dilakukan melalui sistem eksternal, beberapa pemakai Twitter memperhatikan bahwa memberi tip pada akun PayPal memungkinkan penerima mengetahui petunjuk pos pengirim tip.

Dalam kasus asing, alamat email penerima bisa dilihat, apakah ada uang yang dikirim atau tidak.

Setelah spesialis keamanan Rachel Tobac memerhatikan masalah tersebut, pimpinan produk Twitter Kayvon Beykpour menyuarakan terima kasih atas hal itu. Namun ia mengatakan Twitter tidak dapat mengontrol cara PayPal menangani informasi tersebut.

Twitter mengucapkan sedang memperbarui informasi dalam sekitar “tip jar” untuk memperjelas bahwa beberapa uraian mungkin dibagikan.

Sementara itu PayPal mengutarakan masalah itu muncul sebab tip jar Twitter memakai opsi pembayaran ‘barang & jasa’, yang membagikan rincian untuk pengiriman barang-barang tersebut. Paypal menambahkan bahwa pengguna dapat beralih ke alternatif ‘teman dan keluarga’ selama pembayaran untuk menghindari urusan.

Fungsi ‘tip jar’ juga memiliki sokongan untuk Bandcamp, yang banyak digunakan oleh musisi. Selalu ada Patreon yang digunakan oleh semua jenis digital kreator independen seperti YouTuber dan podcaster.

Tip jar adalah yang terbaru dari serangkaian eksperimen dari Twitter, yang telah melihat pertumbuhan pengguna dengan lambat dalam beberapa tarikh terakhir.

Pangkal bulan ini, Twitter mengakuisisi Scroll, layanan berlangganan yang menghapus iklan dari kedudukan web berita yang mengikuti. Twitter mengumumkan itu mau menjadi bagian dari layanan berlangganan Twitter yang akan datang.

Jadi bagian dari kesepakatan tersebut, Twitter juga menawarkan Twitter berbayar sebagai cara buat mendukung jurnalisme.

“Sebagai pelanggan Twitter, tulisan mendapatkan akses ke sifat premium di mana Anda dapat dengan mudah membaca artikel dari outlet berita favorit Anda atau buletin penulis dari Revue, dengan sebagian dari langganan Anda diberikan kepada penerbit & penulis yang membuat konten, ” katanya.