Peserta Beasiswa Baznas Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Alquran

Peserta Beasiswa Baznas Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Alquran

Aplikasi siyatim membantu setiap panti asuhan mendapat orang tua asuh secara daring

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Peserta penerima Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) barisan II kembali menunjukkan peran mahasiswa islam dalam dunia ekonomi. Kali ini Muhammad Ainul Yaqin dengan berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menjadi pendekar 3 pada acara Musabaqah Tilawatil Quran UNS cabang Karya Tulis Ilmiah Alquran, beberapa waktu cerai-berai.

Kepada pihak wartawan, Yaqin, nama akrabnya mengungkapkan bahwa judul yang ia gunakan pada karya tulis ilmiah Alquran ini mengangkat inti ekonomi syariah dengan judul “Sebuah Sistem Digital Crowdfunding Syariah Jawab Mengembangkan dan Mempersiapkan Anak Yatim Piatu Menghadapi Bonus Demografi Nusantara 2030-2040” dengan nama aplikasi siyatim.

Dikutip dari laman resmi Baznas, Yaqin bercerita aplikasi siyatim ini dapat membantu setiap panti asuhan dengan ada sekarang karena setiap anak yatim piatu bisa mendapatkan karakter tua asuh secara daring. Karakter tua tersebut dapat memberikan dana siwa maupun menentukan pendidikan yang bakal ditempuh oleh anak tersebut. Selain itu siyatim juga akan membantu tempat asuhan dalam memenuhi kebutuhan sehari hari melalui donasi yang langsung berfokus kepada panti asuhan serta adanya sistem laporan dari pada setiap panti asuhan ke masing donatur di aplikasi.

Fitur lainnya adalah peningkatan skill, ekonomi, dan pencarian kerja bagi anak yatim piatu yang sudah berada di fase SMA, sehingga dapat memperbaiki kemampuan anak tersebut dan memajukan skill mereka untuk mendapatkan pekerjaan dengan baik. Siyatim juga memiliki fitur istimewa yakni fitur acara, sehingga kala setiap orang ingin mengadakan acara di panti asuhan, tidak kalut mencari panti asuhannya, hanya tinggal lihat di aplikasi siyatim. Ainul Yaqin berharap siyatim ini tidak cuma sebatas ide, namun dapat diimplementasikan karena sangat membantu panti ajaran dan khususnya anak yatim piatu agar masa depan mereka menjelma cerah.