Pemimpin PB PMII 2021-2024 Formal Dilantik

Pengukuhan pengurus PB PMII dilakukan secara virtual

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA—  Pengurus Tumbuh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) dan Kompilasi PMII Puteri (Kopri) mengukuhkan pengurus organisasi periode 2021-2024, Sabtu (26/6).  

Pengukuhan yang bertema “Transformasi Organisasi Untuk PMII Lulus dan Mendunia”, acara tersebut berlangsung secara virtual menggunakan akun Youtube PMII Channel dan TVNU.    

Ketum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri, menjelaskan berkeinginan ingin membuat organisasi itu lebih mendunia. Untuk menyentuh tujuan tersebut, ada 3 program utama yang akan dilakukan.  

“Pertama transformasi teknologi, transformasi kaderisasi dan transformasi PMII globalisasi dengan tujuan membina PMII semakin maju serta mendunia, ” jelas Syukri.    

Menurutnya, pencatatan database bakal saat ini hanya berharta di tingkat cabang dan komisariat. Oleh karena itu, Abe meluncurkan E-PMII sebagai platform digital untuk menajemen organisasi.    

“Platform E-PMII bakal menjadi jawaban sistem pengelolan data kader yang tertib, manajemen organisasi dan pola administrasi PMII secara elektronik dan digital movement, ” katanya.    

Dia menyinggung banyaknya kader PMII yang hanya mengikuti isu yang berkembang di media sosial bagaikan isu radikalisme, isu teroris hingga isu ekonomi. Padahal, saat ini PB PMII telah memiliki 230 cabang dengan jutaan kader dengan tersebar di Nusantara.  

Dengan total tersebut, seharusnya PMII disebutnya mampu menjadi key opinion leader (KOL) di pusat dunia digital khusunya di media sosial. Oleh karena itu, dia mengajak cabang, komisariat dan rayon buat memperbaiki platform digital membuat dan memproduksi konten yang positif serta mengedukasi.  

“PB PMII akan membangun command center, untuk mengelola isu tartegis nasional yang mana PMII bisa menjadi key opinion leader, ” ujarnya.  

Syukri serupa membandingkan para tokoh asosiasi yang pamornya telah ditaklukan dengan para influecer dalam dunia maya. Padahal, konten yang disajikan oleh Influencer dinilainya tak semuanya pasti dan mengedukasi.  

“Untuk itu, kita perlu melakukan rekayasa hirarki dengan cara mengalahkan popularitas dengan kepakaran. Untuk tersebut saya akan berkolaborasi secara sahabat baik saya, Sabrang Mowo Damar (Noe Letto) untuk membuat platform digital, ” jelasnya.  

Pengukuhan PB PMII periode 2021-2024 dipimpin langsung Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) PB PMII, Abdul Muhaimin Iskandar, yang selalu dihadiri para kader alumni. Beberapa yang hadir antara lain, Rodli Kaelani, Addin Juharudin, Saiful Bahri Anshori, Agus Mulyono Herlambang, Robikin Emhas, Luluk Nur Hamidah, Neng Eem Marhamah, dan Anggia Ermaini.