Pemerintah Cadangkan Rp 9, 2 Triliun Dukung Pariwisata 2022

IHRAM. CO. ID,   JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah telah mencadangkan anggaran sebesar Rp 9, 2 triliun untuk mendukung pemulihan sektor wisata pada 2022 dari dampak krisis pandemi Covid-19.

“Ada anggaran yang dicadangkan sekarang Rp 9, 2 triliun untuk tahun depan, ” katanya dalam Rakornas Parekraf 2021 di Jakarta, Senin (27/9).

Secara rinci, cadangan untuk pemulihan sektor pariwisata nasional tersebut meliputi alokasi dari belanja pemerintah pusat Rp 6, 5 triliun dan Rp 2, 8 triliun melalui transfer ke daerah. Sri Mulyani menuturkan anggaran Rp 9, 2 triliun akan digunakan mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif dari tiga aspek.

Aspek tersebut adalah aksesibilitas, atraksi dan aseminitas serta dari sisi promosi maupun partisipasi pelaku swasta. Sementara itu, terdapat anggaran Rp 7, 67 triliun untuk pemulihan pariwisata tahun ini dengan program seperti Bangga Buatan Indonesia Rp 200 miliar, stimulus perfilman Rp 266 miliar, serta fasilitas kesehatan penanganan  Covid -19 dan tenaga kesehatan Rp 298, 6 miliar.

Berbagai upaya ini sekaligus mendukung destinasi pariwisata super prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupan, sehingga siap ketika nantinya ada langkah relaksasi pembukaan turis wisata asing dan domestik. “Ada yang sangat spesifik. Bagaimana memulihkan pasar pariwisata kita melalui rebranding pariwisata dan bagaimana menciptakan resiliensi dari dunia pariwisata. Itu akan terus kita lakukan, ” katanya.

sumber: Antara