MP1 akan Rintis Akademi Balap

MP1 akan Rintis Akademi Balap

Indonesian Racing nantinya dapat secara nyata berkembang.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA —  Indonesian Racing, brand yang didirikan perusahaan manajemen olahraga asal Indonesia MP1, bakal merintis akademi balap berkolaborasi dengan salah satu nama besar di MotoGP, Gresini Racing, guna menjaring talenta pebalapmuda nasional.

CEO Indonesian Racing Rocky Soerapoetra di acara peluncuran Indonesian Racing mengungkapkan bahwa kemitraan strategis berdurasi multi-tahun dengan tim asal Italia itu nantinya bakal menjadi fondasi menjelmanya Indonesian Racing menjadi tim mandiri pada kejuaraan dunia sekaligus pencarian isyarat dan pembinaan pebalap jangka panjang melalui akademi.

“Dengan Indonesia Racing ini kami membangun tim yang nantinya kami bisa mencari talenta-talenta muda pada Indonesia, Tapi kami tahu tersebut butuh waktu, bukan serta merta. Semua ada langkahnya, ” kata Rocky.

Indonesian Racing sendiri saat ini masih merupakan brand, belum berwujud salahsatu tim kompetitor maupun akademi, dan bakal menjalani debutnya di empat kelas MotoGP yaitu MotoE, Moto3, Moto2 dan MotoGP mulai tahun depan sebagai langkah awal brand awareness.

Namun, Rocky berharap Indonesian Racing nantinya bisa secara nyata berkembang menjadi tim yg bertarung langsung di empat kelas tersebut sekaligus mengorbitkan para pebalap nasional.

“Yang kami bangun di Indonesian Racing itu platformnya. Kuatkan dulu platformnya, baru berikutnya adalah para pebalap Indonesia.

“Talenta pebalap Indonesia itu luar biasa, tapi kami memang melihat platform bagi mereka itu belum ada. Selama ini para pebalap Indonesia yang jadi, ke mana enggak jelas. Jadi kami diharuskan bikin tangganya sendiri.

Indonesian Racing nantinya akan melakukan pengidentifikasian, seleksi dan penjenjangan talenta muda Indonesia dan membantu mereka maju melalui tangga menuju ajang MotoGP.

Talenta-talenta yang tersaring nantinya akan mendapatkan asuhan langsung dri Gresini Racing di akademi pebalap tersebut.

Seperti yang diungkapkan SportsDirector Dorna Sports Carlos Ezpeleta, Indonesia menjadi salah satu suceder terbesar bagi MotoGP, terlebih oleh rencana debut Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah Grand Prix MotoGP tahun depan, meski masih menjadi sirkuit cadangan di kalender provisional MotoGP 2021.

“Setiap tahun ada sejumlah pebalap Indonesia yg berlaga di Talent Cup…. Maka akan bagus bagi mereka untuk berkembang dan tidak meloncat terlalu dini…. Namun, dengan kemitraan ini ya rasa mereka berada di haluan yang tepat, ” kata Ezpeleta.

Sementara itu manajer tim Gresini Racing Fausto Gresini menyambut baik kerjasama tersebut dan mengatakan bahwa “Indonesia sudah seperti rumah kedua bagi kami, ” dikarenakan masyarakat Indonesia begitu tergila-gila oleh MotoGP.

Kemitraan itu sudah direncanakan sejak November 2019 namun pandemi terpaksa menunda pengumuman mereka.

“Kami telah berbagai visi dan niat yang sama dengan MP1 untuk melihat melampaui tahun depan dan bertujuan untuk menumbuhkan kemitraan lebih jauh dan membuatnya lebih kuat.

“Tujuan akhirnya adalah, suatu hari nanti, mempunyai satu tim di kejuaraan yang mewakili seluruh bangsa, budaya serta antusiasme mereka untuk MotoGP, ” kata Gresini.

 

sumber: Antara