Kinerja Industri Telekomunikasi Minus Sejak 2018

Kinerja Industri Telekomunikasi Minus Sejak 2018

Di tengah pandemi virus corona, industri telekomunikasi menjelma andalan.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Pada 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi industri telekomunikasi Indonesia. Sejak 2018, industri telekomunikasi mengalami perlambatan bahkan tahu mengalami pertumbuhan negatif sebesar kurang 7, 3 persen.

CEO Selular Media Network Uday Rayana mengirimkan, pada 2019, tanda-tanda perbaikan pun mulai ditunjukkan oleh industri ini. Hingga kuartal tiga 2019 kinerja emiten sektor telekomunikasi pada kali ini terbilang cukup baik.

Meski menunjukkan tanda-tanda perbaikan, situasi yang dihadapi oleh industri telekomunikasi Indonesia tidak serta merta melunak. Riak-riak kecil dan kejutan-kejutan sering mewarnai perjalanan selama 2019.

Memasuki 2020 hantaman gembung menerpa industri Indonesia, bukan hanya industri telekomunikasi saja, sektor asing pun turut terdampak akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Pandemi ini membuat perekonomian dunia melesu karena telah memukul sendi-sendi perekonomian global akibat pembatasan sosial.

“Namun dalam banyak situasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peranan penting yang menjelma andalan dalam memerangi pernyebaran virus ini, ” kata Uday melalui keterangan tertulis, Rabu (19/8).

Untuk mengapresiasi para karakter di industri TIK atas kiprahnya memajukan industri dengan produk & layanan yang dihadirkannya terutama era pandemi covid-19 melanda, Selular Jalan Network menggelar 17th Selular Awards 2020.

Uday mengucapkan Selular Award pertama kali diselenggarakan pada 2003 sebagai ajang pujian kepada para pelaku industri telekomunikasi karena industri ini bersifat penting, dengan kompetisi yang sangat ketat dan pemainnya yang cukup banyak.

Ia berharap penghargaan ini dapat memberi kesempatan pada para pelaku untuk berkompetisi secara baik. Sehingga industri telekomunikasi bisa bertumbuh sehat dan maju yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia secara keseluruhan.