KAI Daop 8 Batalkan Sejumlah Perjalanan KA Selama PPKM

REPUBLIKA. CO. ID, MALANG — PT KAI Daop 8 Surabaya membatalkan beberapa perjalanan KA jarak jauh & lokal. Langkah ini diambil dalam rangka mendukung kebijakan PPKM Darurat yang berlaku mulai 3 sampai 20 Juli 2021.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, KA Brawijaya, KA Gumarang dan KA Mutiara Selatan termasuk di daftar perjalanan KA jangka jauh yang dibatalkan semasa PPKM Darurat. Kemudian ada juga KA Kertanegara, MORAL Sancaka, KA Kertajaya serta KA Matarmaja. “Lalu SOPAN SANTUN Pasundan dan KA Ranggajati relasi Cirebon, Surabaya, Jember, PP (Pulang-pergi), ” kata Luqman kepada wartawan, Sabtu (3/7).

Selain KA jarak jauh, PT KAI Daop 8 Surabaya juga membatalkan delapan kunjungan KA Lokal. Yakni, MORAL Dhoho, KA Penataran persahabatan Surabaya Kota – Udi – Blitar (PP), KA Penataran relasi Malang berantakan Surabaya Kota (PP), dan KA Tumapel. Lalu tersedia pula KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasar Turi – Cepu (PP), MORAL Ekonomi Lokal Bojonegoro relasi Sidoarjo – Surabaya – Bojonegoro (PP), KA Ekonomi Lokal Kertosono relasi Surabaya Kota – Kertosono (PP) dan KA Komuter perhubungan Surabaya – Pasuruan (PP).

Untuk calon penumpang KA yang sudah memiliki tiket, dapat melakukan pembatalan di seluruh tumpuan daring penjualan tiket atau layanan Contact Center 121. Bea tiket akan dikembalikan penuh atau 100 tip di luar bea perintah oleh KAI.   Jalan pembatalan tiket di bisa dilakukan hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan KA (H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket).

Luqman menyatakan, permohonan maaf kepada penumpang yang perjalanannya dibatalkan selama masa PPKM darurat. Langkah ini istimewa dilakukan guna menekan penyaluran Covid-19. “Dan seluruh servis KAI Group akan kasar menerapkan aturan protokol kesehatan tubuh pada masa PPKM Gawat yang telah ditetapkan sebab Mendagri dan Kementerian Relasi RI, ” kata tempat menegaskan.