Grizzlies Kunci Tempat di Play-in NBA, Suns Tunggu Blazers

Grizzlies Kunci Tempat di Play-in NBA, Suns Tunggu Blazers

Play-in adalah pertarungan tim peringkat sembilan dengan delapan wilayah NBA.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Memphis Grizzlies mengunci satu tempat di laga play-in Wilayah Barat NBA, sedangkan Phoenix Suns yang juga menang di musabaqah seeding game terakhir harus menunggui hasil yang diperoleh Portland Trail Blazers. Pada waktu bersamaan, kemajuan Grizzlies dan Suns membuat San Antonio Spurs yang baru hendak menjalani pertandingan mereka sudah tak punya peluang untuk terlibat langgar play-in, demikian catatan laman resmi NBA.

Play-in adalah pertarungan tim peringkat sembilan dengan delapan provinsi untuk memperebutkan tiket play-off. Awak peringkat sembilan harus menang dua kali untuk lolos, sementara awak peringkat sembilan hanya butuh satu kemenangan.

Grizzlies mencetak kemenangan cukup mudah dengan skor 119-106 atas Milwaukee Bucks dalam VISA Athletic Center, Florida, Jumat (14/8) dini hari WIB. Bertemu Bucks yang tak diperkuat bintangnya, Giannis Antetokounmpo, lantaran pebasket Yunani itu menanduk lawannya di perlombaan sebelumnya, Grizzlies tampil memimpin sejak lemparan mula hingga bel kode laga usai berbunyi.

Jonas Valanciunas dan Ja Morant sama-sama mencapai raihan triganda di laga tersebut untuk menyokong kemenangan Grizzlies, masing-masing lewat 26 pokok, 19 rebound dan 12 assist serta 12 poin, 13 rebound dan 10 assist.

Dillon Brooks turut membantu melalui 31 poin yang diborongnya, diikuti kontribusi masing-masing 10 poin sebab Kyle Anderson dan Brandon Clarke.

Sedangkan Bucks ditopang oleh Brook Lopez yang menyiapkan 19 poin dan sembilan rebound serta Frank Mason yang me 18 poin.

Hasil itu mengunci satu spot dalam laga play-in bagi Grizzlies, barangkali sebagai peringkat kedelapan ataupun peringkat kesembilan klasemen akhir Wilayah Barat. Jika jadi peringkat kedelapan, Grizzlies selanjutnya hanya butuh menang sekadar di fase play-in untuk lolos ke babak play-off.

Nasib Suns di tangan Blazers

Pada laga lain yang berlangsung dekat bersamaan di AdventHealth Arena, Suns melanjutkan catatan sapu bersih mereka dengan mengantungi kemenangan kedelapan dari delapan pertandingan di gelembung NBA.

Lawan mereka, Dallas Mavericks, memang melakukan rotasi yang cukup fleksibel dan hal itu dimanfaatkan Suns untuk mendominasi musabaqah sejak awal hingga akhir untuk membukukan kemenangan 128-102.

Devin Booker kembali memimpin Suns lewat catatan 27 poin, tujuh rebound dan lima assist, diikuti 16 poin Dario Saric mengikuti masing-masing 15 poin dari Cameron Johnson dan Cameron Payne.

Di kubu Mavericks, Boban Marjanovic mengemas dwiganda 18 poin dan 20 rebound, Luka Doncic mencetak 18 poin dan Justin Jackson menyumbangkan 13 poin.

Hasil itu menjaga duga Suns untuk meraih satu wadah di fase play-in, asalkan Blazers gagal mengalahkan Brooklyn Nets di dalam laga yang baru berlangsung kira-kira jam berselang.

Bila Blazers kalah, maka Suns hendak merebut peringkat kesembilan klasemen akhir dan harus dua kali menghabisi Grizzlies di fase play-in untuk bisa tampil di playoff.

Sedangkan apabila Blazers lulus, Suns pulang dari Orlando dengan modal yang cukup meyakinkan mengambil musim baru sebagai tim dengan tak lagi bisa diremehkan.