Freeport: Pertumbuhan Ekonomi Papua Tumbuh 4, 2 Persen

Freeport: Pertumbuhan Ekonomi Papua Tumbuh 4, 2 Persen

PTFI mengklaim berkontribusi cukup signifikan buat perekonomian timur Indonesia.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Selama kuartal dua tahun ini pertumbuhan ekonomi nasional mengalami kontraksi hingga 5, 2 persen. Namun, di Papua sendiri pertumbuhan ekonomi mengalami kemajuan positif hingga 4, 2 obat jerih.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI), Tony Wenas menjelaskan, dalam saat pertumbuhan ekonomi secara nasional mengalami kontraksi, pertumbuhan ekonomi di Papua malah tumbuh positif. Tony menjelaskan kuartal dua, pertumbuhan ekonomi Papua tumbuh 4, 2 persen.

“Di tengah Covid-19 ini, ekonomi papua tumbuh 4, 2 persen. Dimana 29 persennya dari sumbangsih pertambangan dan pergalian dimotori oleh PTFI. Ini sejenis kontribusi juga dari kita, ” ujar Tony dalam diskusi virtual, Senin (17/8).

Tony menjelaskan pertumbuhan ini menandakan PTFI yang letaknya bahkan dari menyesatkan timur Indonesia memiliki kontribusi yang cukup signifikan. Tony berharap secara meredanya pandemi maka kontribusi kemajuan ekonomi dari Papua akan bertambah besar.

Tony membenarkan tahun depan PTFI sendiri hendak memberikan kontribusi lebih besar bagi bangsa. Ia memastikan tahun ajaran PTFI akan mulai memberikan deviden sampai 40 miliar dolar AS.