Beribu-ribu Pengungsi Afghanistan Masuk Tajikistan

Para pengungsi kebanyakan adalah hawa, anak-anak, dan orang gelap.

REPUBLIKA. CO. ID, DUSHANBE — Tajikistan telah menampung lebih dari 1. 000 pengungsi sipil Afghanistan. Menurut pemerintah Provinsi Gorno-Badakhshan, mereka melarikan muncul dari kekerasan di Daerah Badakhshan Afghanistan di seberang perbatasan, Rabu (7/7).

Pengumuman itu adalah pernyataan resmi pertama dibanding Tajikistan yang membenarkan bahwa pertempuran antara pasukan pemerintah dan milisi Taliban di Afghanistan utara. Peristiwa itu memicu gelombang baru eksodus warga sipil dari kawasan itu.

Para pengungsi kebanyakan adalah hawa, anak-anak, dan orang sampai umur. Menurut pemerintah Gorno-Badakhshan, mereka telah ditempatkan di tempat aman.

Pihak berwenang juga sedangkan dalam pembicaraan dengan badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) & badan Layanan Kesehatan Cakap Khan. Mereka membahas melanda ketentuan makanan dan kesehatan bagi para pengungsi.

Tajikistan juga buat sementara menampung ratusan tentara Afghanistan yang mundur lantaran posisi di provinsi melahirkan. Sekarang wilayah itu sebagian besar  berada di kolong kendali Taliban.

Situasi keamanan di Afghanistan telah memburuk dengan lekas bulan ini karena tentara asing ditarik setelah 20 tahun. Kondisi ini memproduksi kekhawatir milisi itu bisa menguasi Afghanistan kembali setelah pasukan asing menarik muncul secara keseluruhan.

sumber: Reuters