Banyuwangi Bakal Gelar Mudik Online untuk Diaspora se-Dunia

Kegiatan pegangan daring bertujuan untuk memulihkan rindu para diaspora.

REPUBLIKA. CO. ID, BANYUWANGI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan mengimplementasikan mudik daring (online) buat para diaspora di dalam maupun luar negeri. Program yang akan digelar dalam 16 Mei ini juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya dan pasar murah virtual produk UMKM.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyatakan, kegiatan pegangan daring bertujuan untuk mengobati rindu para diaspora. Sebab, dua tahun ini itu belum bisa mudik memikirkan tengah pandemi Covid-19. “Ini menyambungkan para warga Banyuwangi di sini dengan diaspora dalam luar daerah hingga sungguh negeri, ” kata Ipuk.

Kegiatan pegangan daring ini juga akan diikuti keluarga pekerja migran. Oleh karena itu, para-para pekerja migran di asing negeri bisa bertemu secara daring dengan keluarganya. Terlebih, agenda tersebut juga dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan unik lainnya.

Patuh Ipuk, terdapat sejumlah urusan yang diselenggarakan secara hibrid (memadukan daring dan luring). Kegiatan-kegiatan tersebut antara asing atraksi seni-budaya dan pasar murah virtual produk UMKM. Menyemaikan memastikan atraksi seni budaya dilaksanakan dengan menerapkan adat kesehatan (prokes) Covid-19 secara baik.