Bangganya Masyarakat Mimika Jadi Tuan Rumah PON

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada raut kebanggaan di wajah masyarakat Mimika ketika ditanya kesannya menjadi tuan rumah PON XX Papua. Masyarakat Mimika merasa bangga daerah mereka dipercaya oleh pemerintah Indonesia untuk menjadi salah satu tempat pelaksanaan PON XX Papua yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

“Kami sangat bersuka ria Mimika bisa mengadakan acara sebesar ini. Papua, torang (kita-red) bisa!” ujar warga Mimika, Simon Natipia, seperti dikutip dari Antara, kemarin.

Simon yang bersuku Kamoro ini juga merasa yakin PON XX Papua dapat berjalan lancar hingga tuntas. Hal itu lantaran adanya kerja sama dari berbagai pihak mulai dari masyarakat, panitia hingga TNI-Polri yang membuat kegiatan demi kegiatan berjalan dengan baik.

“Jadi, tak ada keraguan, misalnya soal keamanan,” katanya. ”Kami masyarakat Papua akan menyelenggarakan PON XX dengan sukses.”

Warga Mimika lain, Anggelina Muyapa, juga menyambut baik pelaksanaan PON XX Papua di Mimika. Sebagai pelajar, perempuan yang berasal dari suku Mee itu menilai PON XX Papua dapat berdampak positif bagi dia dan teman-teman sepantarannya.

“Dengan PON XX ini, kami sebagai pelajar bisa mengembangkan bakat dan kreativitas kami,” kata Anggelina.

Pelaksanaan PON XX Papua dipusatkan di empat wilayah yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Di klaster Mimika, ada sebanyak 12 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Yaitu aeromodeling, terbang layang, terjun payung, atletik, bola basket 5×5, bola basket 3×3, panjat tebing, biliar, bola tangan, futsal, judo dan tarung derajat.